Jumat, 07 Juli 2017

Kunci Hati Afgan di Tebing Breksi



Pertama kali melihat tebing batu kapur ini, setahun yang lalu, adalah di video klip Afgan yang berjudul Kunci Hati. Setelah mencari info, ternyata tebing ini berada di Jogja, tidak terlalu jauh dari rumahku. Langsung deh aku meluncur kesana.


How to get there
From Adi Sucipto International Airport.
Keluar dari bandara, kita berbelok ke kanan, menyusuri Jalan Raya Solo, ke arah Candi Prambanan. Dari Prambanan, berbeloklah ke kanan lagi menyusuri Jalan Raya Piyungan ke arah Candi Ratu Boko. Begitu melewati Ratu Boko (disebelah kiri jalan), kita masih jalan lurus, dan baru berbelok ke kiri ketika menemukan papan petunjuk jalan ke arah Candi Ijo (kalau lurus ke Rumah Teletabis).

Berbelok ke kiri ke arah Candi Ijo (keluar dari Jalan Raya Piyungan), jalan yang dilalui akan menyempit dan mulai naik turun dan berkelok-kelok. Beberapa tanjakan dan kelokan lumayan tajam, jadi berhati-hatilah. Sebelum sampai Candi Ijo, tampaklah Tebing Breksi di sebelah kiri kita.


Aku ke tempat ini sudah lebih dari setahun yang lalu, jadi mungkin sekarang akses jalan ke Tebing Breksi sudah lumayan bagus karena tempat ini semakin terkenal, dan konon kabarnya beberapa waktu yang lalu Obama juga berkunjung kesini.


Tarif masuk ke tempat ini waktu itu (setahun yang lalu) belum ditentukan alias seikhlasnya, jadi aku masukin deh 20ribu ke kotak amal untuk rombongan kami yang waktu itu ada empat orang.

Untuk tempat parkir kendaraan, kita bisa terus naik mendekati tebing, tapi hati-hati ya, karena banyak kerikil di sepanjang jalan, waktu itu saja aku sempat takut mobilku melorot ke bawah tergelincir kerikil. Di bagian bawah juga ada sih, tempat parkir beralas tanah dan sedikit rerumputan (lebih aman), tapi kita jadi harus jalan kaki jauh menuju tebing.


Tebing bekas tempat penambangan ini, mulai nge-hits sejak 2015 silam, dan semakin penuh dikunjungi wisatawan setelah muncul di video klip Afgan berjudul Kunci Hati. Dari atas tebing, kita bisa menikmati pemandangan indah Yogyakarta, dan di malam hari lampu landasan pesawat bandara Adi Sucipto terlihat jelas dari puncak tebing ini.

Ada ukiran beberapa wayang di dinding tebing, bahkan di foto-foto terbaru, ada ukiran ular yang meliuk-liuk indah di sepanjang dinding di sebelah tangga (waktu aku kesini di awal 2016 belum ada ukiran ular ini).
 
ukiran wayang di dinding tebing

Baca juga : 

5 komentar:

  1. Wiihhh... baru tau di Jogja ada yg kayak gini.. boleh ni kapan2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sepertinya sudah lebih keren nih tempat, ukiran di dindingnya sudah lebih banyak (hasil googling foto), sayang blom sempat kesini lagi setelah setahun berlalu :-(

      Hapus
    2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
      syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






      Hapus
  2. Pas liat gambar awal saya kira bukan di indonesia ternyata kita juga harus bangga memiliki tempat yang indah di wilayah sendiri
    Jangan lupa kunjungi balik ya http://penaebook.blogspot.com

    BalasHapus