Selasa, 08 Agustus 2017

Situs Megalitikum di Pagar Alam, Wisata Sejarah di SumSel



Situs Megalitikum (dari bahasa Yunani yang berarti batu besar), yang paling terkenal di Indonesia sepertinya adalah Situs Gunung Padang di Jawa Barat, yang merupakan situs tertua (lebih tua dari Piramida Giza di Mesir) dan terbesar di Indonesia, dengan luas sekitar 3 ha. Ntar deh, kalo pelajaran Zita di skolah sudah membahas tentang dolmen, menhir, dan punden berundak, kita ajak Zita ketempat ini ya yah.. Sekarang, kita lihat dulu Situs Megalitikum yang ada di Pagar Alam, yang baru kami datangi beberapa waktu yang lalu.
 
situs manusia dililit ular



Pagar Alam, meski masuk wilayah Sumatera Selatan, tetapi lebih dekat dengan Bengkulu daripada Palembang (ibukota Sumatera Selatan). Kami tertarik mendatangi Pagar Alam setelah ada seorang teman lulusan Arkeologi yang bercerita tentang banyaknya situs megalith yang bertebaran di Pagar Alam (yang paling terkenal adalah situs Arca Basemah). Tetapi, kebanyakan situs megalitikum ini berada di dalam hutan yang akses jalannya masih sulit dan harus berjalan jauh masuk ke dalam hutan. Jadi kami mencari situs yang berada tidak begitu jauh dari jalan raya, dan akhirnya kami menemukan Situs Megalitikum Tanjung Aro.
 
situs rumah batu

 
latar belakang Gunung Dempo
Situs megalitikum disini berbentuk rumah batu dan manusia dililit ular yang berusia 3.000 – 4.000 tahun. Situs arca manusia dililit ular berada di tengah persawahan penduduk, dengan latar belakang Gunung Dempo yang menjulang tinggi di kejauhan. Sedangkan untuk situs rumah batu berada diantara rumah-rumah penduduk setempat.

lihat videonya juga yaa..

baca juga : 

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






    BalasHapus