Kamis, 22 Desember 2016

Hewan-hewan Unik Khas Australia ada di Cleland



Kerumunan tikus sebesar sepatu ukuran 40 berlarian menghampiriku, begitu aku masuk melewati gerbang Cleland. Apaan nih, pikirku heran melihat gerombolan tikus yang mengelilingi kakiku. Kalau tikus di Indonesia kan biasanya takut dan selalu lari kalau melihat manusia. Lha ini, kok semuanya malah mengerubungiku.


 
harga di bulan juni 2015
“Itu bandicot” kata si ayah geli melihat Zita ngumpet ketakutan karena diserbu oleh gerombolan tikus yang besarnya keterlaluan untuk ukuran tikus. Bandicot? Kayaknya pernah dengar deh. Oh iya akhirnya aku ingat. Aku sering main PS dengan game berjudul CTR (Crash Team Racing) dimana salah satu tokohnya bernama Bandicot dan bentuknya mirip guru Splinter di film TMNT (Teenage Mutant Ninja Turtles alias kura-kura ninja).


Ketika kujulurkan kakiku ke arah kerumunan tikus itu, ternyata ukuran tubuh mereka berhasil mengalahkan ukuran sepatuku. Weleh weleh. Kalau tikus di Indonesia sebesar ini, percuma deh pelihara kucing untuk mengusir tikus. Bisa-bisa malah kucingnya yang kabur dikeroyok tikus.
 
bunda, bandicot-nya aku bawa pulang yaa, lucu
 
sepatuku kalah besar
Bandicot ini hanyalah satu dari sekian hewan-hewan unik yang ada di Cleland, yang selama ini belum pernah kutemui di Indonesia. Cleland, merupakan sebuah wildlife park yang berada di Mount Lofty Summit Road, Crafers, South Australia. Tempat yang berdiri tahun 2001 ini hanya berjarak sekitar sepuluh kilometer dari Kota Adelaide.
 
berhenti dulu, ada yang mau nyebrang jalan
Cleland wildlife park seluas 9,92 km² ini mempunyai banyak koleksi binatang khas Australia seperti bandicot, bettong, dingo, echidna, emu, kanguru, koala, possum, potoroo, Tasmanian devil, wombat, dan masih banyak lagi yang namanya aneh-aneh sampai aku lupa nama hewan-hewan itu. Semua hewan ini sebagian besar berkeliaran bebas sehingga kita dapat menyentuhnya (kalau berani), tetapi ada juga yang berada di dalam kandang (untuk hewan berbahaya).
 
makan siang rame-rame
Beberapa hewan merupakan binatang nocturnal sehingga hanya keluar pada malam hari dan siangnya mereka ngumpet entah dimana. Jadi Cleland juga menyediakan safari malam setiap hari Jumat (dua minggu sekali) bagi yang ingin melihat para nocturnal. Biaya safari malam berkisar antara AUD 40 – AUD 50.
 
wombat, dari belakang kayak babi, dari depan kayak buldog
 
emu, burung yang tidak bisa terbang terbesar kedua setelah burung unta
Getting Here
Untuk dapat sampai ketempat ini dari Adelaide, kamu bisa lewat South Eastern Freeway dan keluar di daerah Crafers, kemudian ikuti Summit Road ke arah Cleland. Jangan khawatir berlama-lama ditempat ini karena tempat parkirnya gratis, tidak seperti kebanyakan tempat parkir di daerah CBD yang tarifnya super duper mahal.
 
koala, kerjaannya tidur mulu, giliran jalan pelan banget
Tidak mempunyai kendaraan pribadi? Jangan takut. Adelaidemetro menyediakan public transport, pilihlah ‘stop 27 – Cleland Wildlife Park’ sebagai tujuanmu. Info lebih lanjut ada di adelaidemetro.com.au


Baca juga :

2 komentar:

  1. salam kenal Mbak Tyas & dek Zita, postingan2 Australianya seru. binatang2 disana juga banyak yang belum pernah saya temui.

    saya kok jadi prihatin dengan takdir si Wombat ini ya, dari belakang tampak kaya babi, tapi dari depan muka bulldog hahaha. yanasib.

    BalasHapus
  2. salam kenal juga. hewan Australia memang bentuknya beda dengan hewan Indonesia. yang belum kesampaian adalah melihat echidna karena kesana pas musim dingin sedangkan si echidna ini kalo pas winter ber-hibernasi, jadi nggak sempat ketemu deh ^-^

    BalasHapus